Harga Buku Sewaktu-waktu Bisa Berubah...

Perencanaan Pembelajaran /Bma

Penerbit : Bumi Aksara
Penulis : Hamzah B Uno, Prof. Dr. M Pd
Tahun Terbit : Cet 1: 2006
Kertas & Halaman : 172
Ukuran Buku : 15,5 x 23 cm
Kategori : Pendidikan
ISBN : 979-526-250-5
Harga : Rp 40,000
25%   
Rp 30,000
Share
|
Banyak Ungkapan yang sering dilontarkan melalui berbagai pertemuan atau media masa tentang rendahnya kualitas pendidikan kita dewasa ini, bukan saja kualitas pendidikan sebagai dampak langsung yang dilihat melalui hasil belajar siswa, tetapi sampai pada dampak pengiring pun dianggap kurang berhasil dibentuk melalui lembaga pendidikan formal di sekolah. Hal ini dapat dilihat dari berbagai aksi yang dilakukan siswa bahan mahasiswa yang tidak sesuai dengan martabat bangsa. Indikasi ketidakberhasilan ini jika dilihat dari aspek pembelajaran salah satu penyebabnya adalah kurangnya perhatian guru atau dosen dalam merencanakan keh\giatan pembelajran.

Itulah sebabnya di Lembaga Pendidikan Tinggi diupayakan satu mata kuliah Perencanaan Pembelajaran atau Desain Instruksional yang diikuti mahasiswa semester empat dan lima. Di universitas lain perencanaan pembelajaran diberikan kepada dosen dalam bentuk Penataran Pendidikan Keterampilan Instruksional yang salah satu materinya adalah Perencanaan Pembelajaran.

Buku ini hadir di tangan pembaca ini merupakan salah satu buku yang mengkaji secara ilmiah tentang perencanaan pembelajaran yang tinjauannya didasarkan pada teori-teori instruksional yang banyak dikembangkan di negara-negara peletak dasar instruksional, yakni di Amerika Serikat.

Buku ini diawali dengan pemaparan teoritis tentang pembelajaran, kemudian membicarakan tentang kondisi pembelajaran, strategi pembelajaran, dan hasil pembelajaran. Di akhir uraian bab ini dikemukakan tentang pengembangan desain pembelajaran serta evaluasi pembelajaran.

Daftar Isi BAB 1 KONSEP DASAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN A. Definisi Perencanaan B. Perencanaan Pembelajaran C. Dasar Perlunya Perencanaan Pembelajaran D. Prinsip-Prinsip Umum tentang Megajar E. Tipe-Tipe Belajar .

BAB 2 PENDEKATAN SISTEM DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN A. Pengertian Sistem B. Tujuan Sistem C. Fungsi-Fungsi Sistem D. Komponen-Komponen Sistem E. Penggabungan yang Menimbulkan Jaringan Keterpaduan G. Proses Transformasi.

BAB 3 TIGA VARIABEL PEMBELAJARAN A. Pendahuluan B. Metode Pembelajaran C. Kondisi Pembelajaran D. Hasil Pembelajaran.

BAB 3 SEPULUH LANGKAH MENDESAIN PEMBELAJARAN MENURUT DICK AND CARREY A. Pendahuluan B. Desain Pembelajaran Menurut Dick and Cerrey.

BAB 5 TUJUAN PEMBELAJARAN A. Pendahuluan B. Arti Tujuan Pembelajaran C. Taksonomi Tujuan Pembelajaran D. Format untuk Menulis Tujuan Pembelajaran BAB 6 STRATEGI PEMBELAJARAN A. Sekilas tentang Startegi Pembeljaran B. Strategi tentang Pengorganisasian Pengajaran.

BAB 7 DESAIN PESAN DAN KARAKTERISTIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN A. Konsep Desain dalam TeknologiPembelajaran B. Desain Pesan dalam Penelitian Teknologi Pendidikan C. Karakteristik Isi Pesan D. Struktur Pesan E. Daya Tarik esan F. Beberapa Teori Pembelajaran Visual G. Model Memori H. Gambar Statistis dan Pemerolehan Pengetahuan I. Tinjauan Karakteristik Siswa dalam Penelitian Teknologi Pendidikan J. Karakteristik Siswa K. Aliran Behaviorisme Kaitannya dengan Karakteritik Siswa L. Analisis Tugas dan Tujuan Perilaku M. Desain Saat Ini dan Model Penyampaian.

BAB 8 PERLUNYA MEMPERTIMBANGKAN FAKTOR EMOSIONAL ANAK DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN A. Konsep Dasar Emosional B. EQ Versus IQ C. Anatomi Saraf Emosi D. Menjadi Orang Tua Ber-EQ Tinggi E. Emosi dan Segi MOral F. Empati dan Kepedulian Terhadap Anak G. Mengembangkan Empati dan Kepedulian H. Keterampilan EQ yang Harus Diingat I. Emosi Moral Negatif: Rasa Malu dan Rasa Bersalah J. Aplikasi Pertimbangan Faktor Emosional Anak dalam Perencanaan Pembelajaran K. Aplikasi Emosi dalam Kehidupan Sehari-hari.

BAB 9 MERANCANG EVALUASI HASIL BELAJAR A. Pendahuluan B. Pengukuran, Penilaian dan Pengevalusian Hasil Belajar C. Fungsi Ujian sebagai Instrumen Evaluasi D. Struktur Soal Ujian E. Kriteria Evaluasi F. Beberapa Konsep yang berkaitan dengan Evaluasi BAB 10 MERANCANG KEGIATAN PEMBELAJARAN A. Perlunya Penyiapan Rancangan Kegiatan Pembeljaran (RKP) B. Bagaimana Menyusun Rancangan Kegiatan Pembelajaran.

BAB 11 PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN A. Pendahuluan B. Esensi KBK C. Kompetensi yang Diharapkan dalam Pembelajaran D. KBK Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika E. Pelaporan Hasil Penilaian dan Pemanfaatannya DAFTAR PUSTAKA BIOGRAFI PENULIS.

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama*
Email* (email tidak ditampilkan)
Komentar*
(Masukan 3 huruf atau angka berwarna hitam pada kotak di bawah)
captcha image