Harga Buku Sewaktu-waktu Bisa Berubah...

Bila Kyai dipertuhankan, membedah sikap beragama NU /ALK

Penerbit : Pustaka Al Kautsar
Penulis : Hartono Ahmad Jaiz - Abduh Zylfidar Akaha
Tahun Terbit : Cet 1: April 2001, Cet 8
Kertas & Halaman : 300 Halaman, isi kertas Hvs
Ukuran Buku : 16 x 20,5 cm, Soft Cover
Kategori : Agama
ISBN : 979-592-169-X
Harga : Rp 38,000
25%   
Rp 28,500
Share
|

"Kalau Kyai mengatakan langit berwarna kuning, ya kita harus mengatakan kuning." "Kalau Kyai diganggu, ya kita harus berjihad membelanya." "Pokoknya apa kata Kyai, ya musti kita dukung dan kita bela." Demikian, kira-kira genderang slogan yang akhir-akhir ini sering kita dengar. Suatu slogan keresahan dari sebuah fanatisme golongan dan mencerminkan keterbelakangan cara berfikir dan kemunduran budaya si pelaku.

 

Pembelaan dan pembenaran tanpa reserve terhadap perilaku Kyai yang belum tentu salah benarnya seperti diatas, merupakan sebuah fenomena faktual yang memprihatinkan. Sikap mengiyakan, patuh dan tunduk dalam segala hal kepada sesama manusia, yang menjadi kebiasaan sebagian warga Nahdliyin, sesungguhnya telah menjurus ke arah pengkultusan individu. Dan ini adalah suatu bentuk 'penuhanan' tanpa sadar.

 

Penghormatan yang berlebihan dan 'munduk-munduk' terhadap kyai yang lekat dalam tradisi NU, merupakan suasana kondusif untuk melahirkan 'tuhan-tuhan' kecil di dunia. Sedangkan sikap tidak mau tahu,tutup telinga,tutup mata, merasa paling benar,merasa paling besar,merasa paling kuat,adalah sebagian penyakit lama di tubuh NU yang belum sembuh hingga kini. Namun lucunya, masih saja ada yang merasa bahwa NU selalu 'diobok-obok' sejak dulu. Padahal sejarah berkata lain.

 

Sejarah,fakta,realita,sikap dan seluk beluk organisasi -yang konon terbesar di Indonesia-, semuanya bisa Anda baca di buku "BILA KYAI DIPERTUHANKAN" ini.

 

KATEGORI BUKU: AGAMA/PEMIKIRAN

 

 

 

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama*
Email* (email tidak ditampilkan)
Komentar*
(Masukan 3 huruf atau angka berwarna hitam pada kotak di bawah)
captcha image